Monday, June 22, 2009

GUNUNG CIREMAI (3078 mdpl )



PESONA KAWAH KEMBAR

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini cukup unik karena terletak di jajaran Utara Pulau Jawa yang umumnya hanya terdapat perbukitan-perbukitan dengan ketinggian tidak lebih dari 1500 mdpl.Secara administratif Gunung Ciremai masuk dalam tiga wilayah kabupaten Majalenggka,Cirebon dan Kuningan.Secara astronomis guunung ini terletak pada 07'-14'LS dan 109'-12' BT.Gunung yang masih aktif ini melakukan erupsi terakhir pada tahun 1990.

AKSES KE SANA
Gunung Ciremai dapat ditempuh dari tiga arah pendakian yakni jalur barat dari Majalengka,Jalur Palutungan dari arah selatan dan Jalur Linggarjati dari arah Timur.Masing-masing jalur memiliki tantangan dan nuansa yang berbeda.
Jalur Linggarjati merupakan jalur yang paling terjal dan terberat,namun jalur ini merupakan yang paling sering dilalui pendaki.

JALUR SELATAN
CIREBON-CIGUGUR-PALUTUNGAN
Dari kota udang Cirebon pendaki dapat menggunakan angkuan umum jenis colt elf jurusan Cikijing dan turun dipertigaan Cigugur.Perjalanan ini membutuhkan waktu selama 1 jam.Sepanjang perjalanan menuju Cigugur, pendaki akan melewati kota Kuningan yang berada di ketinggian 466 mdpl.Selain itu,pendaki dapat menyaksikan indahnya laut jawa yang terbentang disisi utara.Setiba di pertigaan Cigugur,perjalanan dilanjutkan menuju Cisantana dengan menggunakan oplet tua.Perjalanan melalui jalanan yang menanjak dan berbatu ditempuh selama 1 jam,dengan melewati perkebunan penduduk yang sangat indah.Setiba di Cisantana,perjalanan dilanjutkan kembali dengan naik kolt terbuka pengangkit sayuran menuju Palutungan yang memakan waktu 20 menit.

PENDAKIAN

PALUTUNGAN-CIGOWONG
Palutungan merupakan sebuah kampung terakhir yang berada dilereng Gunung Ciremai dan berada pada ketinggian 1100 mdpl.Dusun kecil ini masuk dalam pangkuan Desa Cisantana,Kecamatan Cigugur,Kabupaten Kuningan.Setelah mengurus perizinan pendakian,perjalanan dapat dimulai melalui perkebunan penduduk.Setelah itu,belok kekanan memasuki hutan hujan tropis dengan jalir cenderung landai.Sesekali pendaki harus menyusup melalui semak-semak tinggi.Untuk sampai di Cigowong membutuhkan waktu 90-120 menit.

CIGOWONG-PANGGUYANGAN BADAK
Pos I Cigowong terletak diketinggian 1450 mdpl.Disini terdapat sumber air yang mengalir membentuk sebuah sungai.Dari sini pendaki dapat menyiapkan persediaan air sebanyak mungkin karena tidak akan ditemui lagi sumber air hingga puncak.Selepas Cigowong lintasan masih landai selama 90-120 menit,sampai di Pangguayangan Badak.

PANGGUYANGAN BADAK-BLOK ARBAN
Pangguyangan Badak merupakan area yang berada di ketinggian 1800 mdpl.Daerah yang terdapat puing-puing banguna tua ini sering digunakan sebagai tempat bermalam survivor yang dievakuasi karena meninggal di Gunung ini.Untuk sampai di blok Arban membutuhkan waktu 30 menit.dengan lintasan yang mulai menanjak.

BLOK ARBAN -TANJAKAN ASOY
Blok Arban merupakan pos III dengan area yang cukup datar dan teduh.Lintasan mulai menanjak dan melelahkan selama 90-120 menit sampai di Tanjakan Asoy.

TANJAKAN ASOY-PASANGGRAHAN
Tanjakan Asoy merupakan pos IV.Tanjakan ini berupa tanah datar yang cukup luas.Selepas daerah ini lintasan semakin menanjak selama 60 menit sampai di pos berikutnya.

PASANGGRAHAN - SANG HYANG ROPOH
Selepas pos V (pasanggrahan) pendaki mulai memasuki vegetasi Cantigi dan Adelweis sampai SangHyang Ropoh.Lintasan ini sangat licin jika hujan turun dan diperlukan waktu 30 menit untuk sampai pada pos berikutnya.

SANG HYANG ROPOH - PUNCAK CIREMAI
Pos VI ( Sang Hyang Ropoh ) terletak di daerah yang datar dan terbuka.Selepas pos ini lintasan tetap menanjak dan licin,dengan tanah berwarna kuning bekas aliran lava belerang.Pada sisi kanan lintasan terdapat Goa yang biasa digunakan sebagai tempat berlindung atau bermalam.Ditengah perjalanan ini,Tepatnya pada sisi kiri lintasan aka menyatu dengan jalur barat dari Majalengka.Untuk sampai di Puncak Ciremai diperlukan waktu 2 jam pendakian.Sesampai di Puncak pendaki akan menikmati megahnya dua kawah kembar yang berdampingan.untuk mengitari kawah ini diperlukan waktu kira-kira 3 jam.Selain itu,pendaki juga dapat menyaksikan indahnya daerah Majalengka,Cirebon,Laut Jawa serta Gunung Slamet yang menjulang gagah disisi timur.Sungguh Menawan.

No comments:

Post a Comment