Tuesday, December 30, 2008

GUNUNG KERINCI ( 3805 mdpl )




Secuil Surga yang Jatuh di Andalas

Gunung Kerinci masuk dalam bukit barisan, yang secara administratif terletak diantara Propinsi Sumatera Barat dan Jambi tepatnya di kabupaten Kerinci. Gunung yang masih aktif ini juga masuk dalam pangkuan Taman Nasional Kerinci Seblat yang luasnya mencapai 1.484.660 ha. Taman nasional ini membentang membentuk bukit barisan hingga 4 propinsi. Sebagian besar dari taman nasional ini masuk dalam Propinsi Jambi. Taman nasional ini ditetapkan sebagai daerah Konservasi pada 14 Oktober 1982 yang melindungi fauna seperti Harimau Sumatera, Wau-wau, Siamang, Ungko, Simpei, dll.

AKSES KE SANA

BANGKO-SUNGAI PENUH KAYU ARO ( KERSIK TUO )
Selain dari Bangko, Sungai penuh dapat juga ditempuh dari kota Padang. Selepas Bangko pendaki akan menjumpai jalan aspal yang sempit dan berliku dipagari oleh tebing-tebing raksasa yang diselimuti oleh hutan hujan tropis, jurang-jurang yang menganga pada setiap tepi jalan, dan bentangan sungai Batang Merangin dengan panduan air terjunnya. Pemandangan tersebut dapat disaksikan selama 4 jam perjalanan menuju sungai penuh. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Kayu Aro selama 2 jam. Pemandangan yang tersaji tetap indah yang terdiri dari bukit-bukit, perkebunan teh dan ladang sayuran di dataran tinggi yang sangat luas. Turun di Kayu Aro, Dusun kresik tuo atau tepatnya simpang macan yang merupakan tugu Harimau Sumatera. PENDAKIAN KERSIK TUO ( TUGU MACAN ) - R SEPULUH Daerah Kersik Tuo terletak di ketinggian 1400 mdpl. Tempat ini terletak di 49 km sebelah utara Kabupaten Kerinci. Mayoritas penduduk disini adalah keturunan Jawa, sehingga bahasa yang digunakan pun bahasa Jawa. Pendakian dari Kersik Tuo menuju Puncak Kerinci membutuhkan waktu kira-kira 10-12 jam. Untuk menuju R Sepuluh dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 45 menit atau dapat juga dengan naik ojek. Selama perjalanan ke R sepuluh pendaki akan melewati hamparan luas perkebunan teh yang ditanam sejak masa kolonial, tepatnya tahun 1923. Daerah ini cukup landai. R SEPULUH - PINTU RIMBO R Sepuluh merupakan tempat pendaftaran sekaligus pos pendakian awal. Selepas daerah tersebut pendaki akan melewati ladang penduduk, dengan jalan masih tetap beraspal dan landai. Setelah menempuh perjalanan selama 30 menit, pendaki akan sampai di Pintu Rimbo. PINTU RIMBO - PESANGGRAHAN I Pintu Rimbo merupakan pintu masuk yang sekaligus sebagai batas vegetasi antara ladang penduduk dan rimba raya Kerinci. Disini pendaki dapat menemui mata air yang terletak di sisi kiri lintasan. Selepas itu pendaki akan melewati lintasan setapak, landai dan dikelilingi oleh hutan yang lebat dan pepohonan berukuran raksasa. Sekitar 10 menit kemudian pendaki akan tiba di pos Pesanggrahan I

PESANGGRAHAN I – PESANGGRAHAN II

Pesanggrahan I merupakan sebuah pondok. Selepas daerah ini lintasan tetap landai hingga pesanggrahan II. Ditengah lintasan, pendaki akan menemui batu lumut. Tidak jauh dari tempat tersebut terdapat aliran sungai, yang berada di sisi kiri lintasan.

PESANGGRAHAN II – PESANGGRAHAN III ( POS I )

Keadaan pondok di pesanggrahan II ini menyerupai pondok sebelumnya. Menuju pos pesanggrahan selanjutnya lintasan tetap landai.

PESANGGRAHAN III ( POS I ) – POS II

Total waktu tempuh dari Pintu Rimbo hingga pso I ini kira-kira 3-4 jam. Pos I ini terletak pada ketinggian 2700 mdpl. Selepas pos I lintasan mulai menanjak dan terjal dengan sesekali diselingi hamparan jurang yang menganga pada sisi-sisi lintasan. Beratnya lintasan ini membuat pendaki sesekali juga harus memakai akar-akar pepohonan untuk dapat mencapai pos II yang dapat ditempuh selama 2-3 jam. Pada lintasan ini pendaki akan melewati batas vegetasi antara hutan hujan tropis dengan daerah tundra yang di tumbuhi tanaman khas sub alpin yang mempunyai ketinggian maksimal 2 meter. Sepanjang lintasan ini angin biasanya berhembus sangat kencang karena daerahnya cukup terbuka.

POS II – POS III

Di pos II terdapat sumber air pada sisi kiri bawah lintasan. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 30 menit. Biasanya di pos inilah para pendaki melakukan summit attack untuk keesokan harinya. Menuju pos III lintasan tetap menanjak yang memaksa pendaki sesekali memanjat akar pepohonan sebagai syarat untuk dapat melangkah ke pos berikutnya. Waktu tempuh menuju pos III adalah 1 jam.

POS III – PUNCAK KERINCI
Pos III merupakan daerah perbatasan antara tumbuhan sub alpin dengan bentangan area padang pasir yang terjal. Di sekitar area ini adalah tempat yang sangat berrbahaya untuk mendirikan tenda, karena hembusan anginya sangat kencang dan temapat ini sangat terbuka.

Satu jam selepas pos III akan ditemui Tugu Yudha yang teletak pada ketinggian 3600 mdpl. Selepas tugu tersebut medan semakin menanjak dengan bebatuan vulkanik yang mudah longsor. Satu jam kemudian pendaki akan tiba di puncak tertinggi Kerinci yang berbentuk triangulasi pada ketinggian 3805 mdpl, yang juga merupakan puncak tertinggi se-Sumatera dan Jawa. Pada puncaknya yang masih aktif akan ditemui kawah dinding yang berwarna hijau kekuningan yang berukuran 600x1000 meter persegi.

Dipuncak ini pendaki dapat menyaksikan dengan leluasa pemandangan yang berserakan di bawah. Tampak Samudera Hindia di sisi barat, Gunung Situjuh dan daerah-daerah di kaki-kaki Gunung Kerinci seperti Lubuk Gadang, Muara Labu, dan lain-lain yang lebih menawan dan indah.



5 comments:

  1. sangat membantu saya..sehingga bisa tau..klo ternyata ada buku panduannya juga..jadi pengen beli..

    ReplyDelete
  2. Halo Para Petualang
    Mulai sekarang Indonesia Ride Adv Menyediakan angkutan khusus Pendaki dan rafting yang ingin mendaki Gng gede pangranggo dengan Bus Travelo Berkapasitas 12 penumpang dan BerAC dengan tarif sederhana

    jakarta -Cibodas Rp 600,000
    Cibodas jakarta Rp.600,000
    Jakarta -Citarik Rp,900,000
    Citarik -Jakarta Rp.900.000

    Bila DiCarter 24 jam jakarta -Cibodas PP
    Rp.1,100.000

    jakarta Citarik PP
    Rp 1,600,000

    Carter Tidak termasuk Tiket Tol dan makan Pengemudi

    untuk Info Hub .imorally@gmail.com
    0817162552-Pin 269775A4

    ReplyDelete
  3. jika ingin tau lebih banyak mengenai outdoor dan perlengkapan outdoor silahkan kunjingi langsung alphaadventure.net

    ReplyDelete
  4. http://alphaadventure.net/2016/05/09/pertolongan-pertama-saat-hiking/

    ReplyDelete